SIMBOL DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL
1. Use Case Diagram
Actor. Menggambarkan pengguna software aplikasi (user).
Use
Case. Menggambarkan fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga customer
atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang
akan dibangun.
Association. Menggambarkan hubungan antara actor dengan use case.
Include.
Pemanggilan use case oleh use case lain atau untuk menggambarkan suatu
use case termasuk didalam use case lain (diharuskan) relasi ini dapat
digunakan untuk menghindari penulisan deskripsi yang berulang ulang.
Note. Menggambarkan dokumentasi dari use case
2. Diagram Hubungan Entitas
Entitas. Menggambarkan atau menyatakan suatu himpunan entitas.
Relasi. Menggambarkan himpunan hubungan yang ada diantara himpunan entitas.
Garis Penghubung. Menggambarkan penghubung antara himpunan entitas dengan himpunan hubungan.
Cardinality.
Menggambarkan tingkat hubungan yang terjadi, dilihat dari suatu
kejadian atau banyak tidaknya hubungan antar entitas tersebut.
3. Activity Diagram
Start State. Menggambarkan awal dari suatu aktivitas yang berjalan pada sistem
End State. Menggambarkan akhir dari suatu aktivitas yang berjalan pada
sistem.
Activity. Menggambarkan aktivitas yang dilakukan pada sistem.
Swimlane. Menggambarkan pembagian/pengelompokan berdasarkan tugas
dan fungsi tersendiri.
Transition to self. Menggambarkan hubungan antara state atau activity yang
kembali kepada state atau activity itu sendiri.
Transition State.Menggambarkan hubungan antara dua state, dua activity
ataupun antara state dan activity.
Decision. Menggambarkan kondisi dari sebuah aktivitas yang bernilai
benar/salah.
State.Menggambarkan kondisi, situasi ataupun tempat untuk
beberapa aktivitas.
Fork. Menggambarkan aktivitas yang dimulai dengan sebuah aktivitas
dan diikuti oleh dua atau lebih aktivitas yang harus dikerjakan.
aktivitas yang sudah dilakukan dan menghasilkan sebuah aktivitas.
4. Class Diagram
Class
Menggambarkan keadaan (atribut/properti) dari suatu objek.
Class memiliki tiga area pokok, yaitu: nama, atribut,method.
Nama menggambarkan nama dari class/objek.
Atribut menggambarkan batasan dari nilai yang dapat
dimiliki oleh property tersebut.
Method menggambarkan implementasi dari layanan yang
dapat diminta dari beberapa object dari class , yang
mempengaruhi behaviour.
AssociationMenggambarkan
mekanisme komunikasi suatu objek dengan objek lainnya. Atau dapat juga
menggambarkan ketergantungan antarkelas.
dari objek-objek lain, atau secara logis mengandung objek lain.
Multiplicity
Menggambarkan banyaknya object yang terhubung satu
dengan yang lainnya. Contoh :
1 Tepat satu
0..* Nol atau lebih
1..* Satu atau lebih
0..1 Nol atau satu
5..8 range 5 s.d. 8
4..6,9 range 4 s.d. 6 dan 9
5. Sequence Diagram
Actor.Menggambarkan seseorang atau sesuatu (seperti perangkat,
sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem.
sistem,
memodelkan bagian dari sistem yang bergantung pada pihak lain
disekitarnya dan merupakan pembatas sistem dengan dunia luar.
Control.Menggambarkan “perilaku mengatur”, mengkoordinasikan
perilaku sistem dan dinamika dari suatu sistem, menangani tugas utama dan mengontrol alur kerja suatu sistem.
Entity.Menggambarkan informasi yang harus disimpan oleh sistem
(struktur data dari sebuah sistem).
Object Message.Menggambarkan pesan/hubungan antar objek, yang
menunjukan urutan kejadian yang terjadi.
Message to Self.Menggambarkan pesan/hubungan objek itu sendiri, yang
menunjukan urutan kejadian yang terjadi.
Object.Menggambarkan abstraksi dari sebuah entitas nyata/tidak nyata
yang informasinya harus disimpan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar